Cara Menghilangkan Noda Cat Kuku dari Kain

Mungkin Anda menduga, bila cat kuku tertumpah menodai sofa atau kaus kesayangan, maka Anda harus hidup dengan noda berwarna yang permanen. Tidak juga. Cat kuku sesungguhnya salah satu noda yang mudah dihilangkan dari kain. Bacalah artikel ini untuk memperoleh informasi Cara Menghilangkan Noda Cat Kuku dari Kain dan kain pelapis furnitur.

Metode 1 dari 3: Cara Menghilangkan Noda Cat Kuku dari Kain

  1. Letakkan kain yang bernoda di atas beberapa helai tisu. Sisi kain yang bernoda harus bersinggungan dengan permukaan tisu. Anda bisa melakukan metode ini ketika cat kuku basah ataupun kering.

    • Metode ini manjur pada bahan-bahan seperti katun, linen, sutera, denim, dan kebanyakan jenis kain lainnya.
    • Anda harus berhati-hati melakukannya terutama bila kain bernoda itu mengandung asetat atau triasetat karena larutan pembersih cat kuku bisa menghancurkannya.
  2. Bersihkan area bernoda dengan aseton. Olesi sisi belakang kain dengan bola kapas atau tisu yang mengandung aseton (tersedia di toko kosmetik, di bagian pembersih cat kuku). Langkah ini akan memindahkan noda ke tisu yang berada di bawah kain.
  3. Bilas, dan ulangi. Bawa pakaian Anda ke wastafel, bilas area bernoda, kemudian letakkan pakaian–dengan sisi bernoda menghadap ke bawah–di atas beberapa lembar tisu bersih. Ulangi langkah menepuk-nepuk kain dengan aseton agar noda terserap tisu seluruhnya.

    • Lanjutkan dengan membilas kain, mengaplikasikan beberapa tepukan aseton lagi, membilas lagi, dan menepuk-nepuk dengan aseton lagi, hingga tisu tidak lagi berubah warnanya. Itulah indikasi noda cat kuku telah hilang sepenuhnya.
       Cara Menghilangkan Noda Cat Kuku dari Kain
    • Sekali lagi, untuk terakhir kalinya, cek area bernoda untuk memastikan tidak ada cat kuku yang tersisa. Kalau Anda melihat sedikit warna tertinggal, celupkan bola kapas dalam aseton, kemudian oleskan dengan lembut pada noda untuk menghilangkannya.
  4. Cuci pakaian. Bubuhkan produk pembersih noda pada area yang sebelumnya bernoda, kemudian cuci pakaian sesuai instruksi pencucian pada labelnya. Noda cat kuku mestinya hilang sepenuhnya, dan pakaian siap Anda kenakan begitu kering.

Metode 2 dari 3: Menghilangkan Cat Kuku dari Kain Pelapis Furnitur

  1. Segera bersihkan cat kuku yang masih basah. Kalau Anda mendapati cat kuku yang belum mengering menodai kain pelapis furnitur, membersihkannya tentu lebih mudah. Gunakan tisu atau kain lap untuk menghapus noda cat kuku itu sebisa Anda.

    • Jangan menggosok-gosoknya agar noda tidak menyebar makin luas. Gunakan tisu untuk menepuk-nepuk atau menggesek sedikit demi sedikit area bernoda.
    • Gunakan kain atau tisu dengan daya serap paling tinggi agar sedikit saja cat kuku yang tersisa di kain pelapis furnitur Anda.
  2. Bersihkan area bernoda dengan aseton. Bubuhkan beberapa tetes aseton pada bola kapas atau alat lainnya yang memungkinkan aplikasi akurat, kemudian oleskan pada area bernoda. Ingat, aplikasikan hanya pada area yang bernoda.

    • Sebaiknya Anda lakukan pengujian terlebih dulu. Caranya, oleskan aplikator aseton pada area furnitur yang tidak terlihat. Aseton bereaksi dengan beberapa jenis kain, termasuk yang mengandung asetat atau triasetat, dan bisa membuat area bernoda tampak makin buruk kalau Anda kurang berhati-hati mengaplikasikannya.
    • Jangan tuangkan aseton ke area bernoda. Alirannya lebih susah dikendalikan kalau Anda tidak menggunakan aplikator seperti bola kapas atau ujung tisu.
  3. Hilangkan sisa cat kuku dengan kain lap yang bersih. Dengan hati-hati, tepuk-tepukkan kain lap pada area bernoda. Kemudian gunakan bagian bersih dari kain lap itu untuk menepuk-nepuknya sekali lagi. Ulangi aplikasi aseton, dan teruskan menepuk-nepuk area bernoda hingga noda hilang sepenuhnya.
  4. Bilas area yang sebelumnya bernoda dengan air hangat. Cuci area tersebut dengan spon agar sisa-sisa aseton atau hidrogen peroksida hilang. Biarkan furnitur mengering sebelum Anda menggunakannya kembali.

Metode 3 dari 3: Menghilangkan Cat Kuku dengan Metode Alternatif

  1. Gunakan hidrogen peroksida. Beberapa jenis kain tidak bereaksi baik dengan aseton. Mungkin malah lebih efektif kalau Anda menerapkan strategi serupa menggunakan hidrogen peroksida.

    • Gunakan kain lap bersih untuk menepuk-nepuk area bernoda dengan peroksida. Ulangi langkah ini hingga noda hilang sepenuhnya.
    • Hidrogen peroksida bisa berfungsi sebagai bahan pemutih. Karenanya, sebelum Anda mengaplikasikannya pada area bernoda, ujilah terlebih dulu pada area furnitur yang tidak terlihat.
  2. Cobalah hairspray. Semprotkan hairspray pada bulu-bulu sikat gigi bekas, kemudian sikat dengan gerakan melingkar untuk menghilangkan noda dari kain.
  3. Gunakan semprotan anti-nyamuk. Beberapa orang mengaku bahwa lotion atau semprotan anti-nyamuk, yang biasanya Anda oleskan atau semprotkan pada tubuh dan pakaian Anda untuk menjauhkan nyamuk dan serangga lainnya, bekerja efektif menghilangkan noda cat kuku. Semprotkan pada bulu-bulu sikat gigi bekas, kemudian sikat dengan gerakan melingkar lembut untuk menghilangkan noda.
  4. Bilas dan cuci. Apa pun metode yang Anda pilih, pastikan area yang sebelumnya bernoda itu Anda bilas hingga bersih untuk menyingkirkan sisa-sisa bahan apa pun yang Anda gunakan untuk menghilangkan cat kuku.

Itulah artikel tentang Cara Menghilangkan Noda Cat Kuku dari Kain semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Terima Kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *