Cara Menghilangkan Lilin Dari Pakaian

Bila Anda ingin menghilangkan lilin yang menempel pada pakaian, sekadar menggosok atau mencungkilnya kemungkinan besar tidak akan berhasil. Akan tetapi, ada beberapa prosedur sederhana yang bisa Anda gunakan Cara Menghilangkan Lilin Dari Pakaian (dan juga kain yang lain).

Bagian 1 dari 3: Mengerik Kelebihan Lilin

  1. Biarkan lilinnya kering. Tidak peduli tindakan apa yang Anda terapkan untuk menghilangkan lilin dari pakaian, cobalah melakukannya setelah lilin kering untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Mungkin ini berlawanan dengan naluri Anda untuk segera menyingkirkan lilin yang menempel, namun Anda tentu tidak ingin menghilangkan lilin yang masih panas.

    • Bila Anda menggosok lilinnya ketika masih panas, lilin tersebut bisa tersebar ke area lain di pakaian Anda dan menjadi makin parah. Jadi, tahan diri Anda agar tidak terburu-buru ketika lilinnya masih panas atau mengoreknya dengan jari.
    • Biarkan lilinnya mengering secara alami. Anda juga bisa menempelkan es batu di pakaian agar lilinnya cepat kering atau memasukkannya ke dalam freezer.
  2. Kerik lilinnya sebanyak mungkin. Setelah lilinnya kering, Anda bisa mengerik lilinnya dengan mudah sebelum menerapkan panas. Gunakan pisau yang tumpul untuk melakukannya.

    • Kerik ke arah luar tubuh agar Anda tidak terluka. Alasan mengapa Anda harus menggunakan pisau yang tumpul adalah karena pisau yang tajam dapat melubangi pakaian Anda dengan mudah.
    • Bila pakaian Anda terbuat dari bahan yang sangat halus, seperti sutra, sebagai gantinya gunakan sendok dan kerik lilinnya dengan lembut. Jangan menusuk kain karena pakaian Anda bisa rusak. Cobalah juga menggunakan bagian tepi kartu kredit sebagai pengganti pisau tumpul.

    Cara Menghilangkan Lilin Dari Pakaian

Bagian 2 dari 3: Cara Menghilangkan Lilin Dari Pakaian dengan Setrika

  1. Gunakan setrika untuk melelehkan lilin. Anda bisa menghilangkan lilin dari pakaian menggunakan setrika. Setel setrika dalam panas yang rendah. Anda harus menempelkan panas ke lilin setelah mengeriknya dengan pisau tumpul atau sendok.

    • Lalu, letakkan kertas tisu di atas pakaian tersebut. Anda juga dapat menggunakan kantong kertas cokelat sebagai pengganti kertas tisu. Mungkin Anda harus mengganti kertasnya secara berkala ketika beberapa bagian lilin terlepas. Anda dapat menempatkan selembar kain tipis di antara setrika dengan kertas tisu, yang harus ditekan di area pakaian yang terkena lilin.
    • Tekan setrika hangat ke kertas atau kain tersebut. Lilin yang menempel pada pakaian akan berpindah ke kertas tisu atau kantong kertas. Setrika tidak boleh disetel terlalu panas karena Anda bisa gagal. Prosedur ini dapat diterapkan dengan baik pada noda lilin berukuran besar. Hati-hati jangan sampai pakaian Anda hangus.
    • Gunakan kertas isap sebagai pengganti kertas tisu pada kain seperti bulu domba (fleece) atau wol. Jika tidak, serpihan-serpihan kecil kertas akan menempel pada kain tersebut.
  2. Oleskan penghilang noda yang digunakan pada pakaian sebelum dicuci. Setelah Anda mencoba cara setrika, gunakan penghilang noda pakaian sebelum mencucinya. Ini akan menghilangkan bercak atau noda lilin yang melekat pada kain.

    • Cuci pakaian tersebut dengan air yang sangat panas. Gunakan pemutih jika pakaian Anda berwarna putih. Bila pakaiannya tidak berwarna putih, gunakan pemutih berwarna (color bleach). Langkah ini sangat berguna jika lilin berwarna menempel pada pakaian putih atau pakaian yang berwarna terang.
    • Jangan memindahkan pakaian ke dalam pengering jika nodanya belum benar-benar hilang. Panas di dalam pengering malah akan menempelkan kembali lilinnya ke pakaian.
    • Atau, cucilah dengan tangan jika Anda berurusan dengan pakaian yang sangat halus atau pakaian yang harus dicuci kering (dry cleaning).

Bagian 3 dari 3: Menggunakan Cara Alternatif untuk Menghilangkan Lilin

  1. Cobalah menggunakan pengering rambut. Bila Anda tidak mempunyai atau tidak ingin menggunakan setrika, carilah cara lain untuk menerapkan panas dalam kadar yang cukup agar lilinnya meleleh dan dapat Anda hilangkan.

    • Tempatkan kertas tisu di kedua sisi kain dan embuskan pengering rambut yang panas ke area yang terkena lilin selama lima detik dan angkat lilinnya dengan kertas tisu. Cara ini bisa diterapkan dengan baik pada pakaian yang dikhawatirkan bisa rusak jika terkena setrika yang terlalu panas.
    • Mungkin Anda harus menggunakan penghilang noda dan mencuci pakaian tersebut jika nodanya tetap menempel.
  2. Masukkan pakaian ke dalam air mendidih. Celupkan pakaian ke dalam panci yang diisi air mendidih untuk menghilangkan lilin. Caranya adalah dengan menambahkan soda kue pada air yang mendidih.

    • Siapkan panci berukuran besar. Rebuslah air dengan panci tersebut. Masukkan 5-6 sendok teh soda kue ke dalam air. Celupkan pakaian yang terkena lilin ke dalam air dengan tongkat atau batang kayu. Setelah terendam sekitar satu menit, lilinnya akan berjatuhan ke dalam air.
    • Celupkan pakaian ke dalam air panas beberapa kali. Hanya perlu waktu satu menit atau lebih agar lilinnya lunak dan berjatuhan ke dalam panci. Terlalu lama merendam kain di dalam air mendidih bisa merusak pakaian karena warnanya bisa luntur.
    • Untuk pakaian yang terbuat dari bahan halus seperti bulu domba, Anda bisa meletakkan handuk di area yang terkena lilin dan menyetrika handuk tersebut. Lilinnya akan terserap dari pakaian tersebut dan pindah ke handuk. Dengan perlakuan ini, pakaian Anda akan terhindar dari kerusakan karena air mendidih.
  3. Cobalah menggunakan minyak sayur atau pembersih karpet. Bila nodanya kecil, gunakan minyak sayur untuk menghilangkannya. Oleskan satu sendok minyak sayur pada lilin. Atau, kerik lilinnya, oleskan pembersih karpet, lalu sikat lilinnya dengan sikat gigi, dan bersihkan pakaian Anda dengan mesin cuci.

    • Gunakan kertas tisu untuk menghilangkan lilin yang tersisa. Kemudian cuci pakaian Anda.
    • Jangan menggunakan bahan yang tajam seperti tiner atau bensin. Tetapi, selain minyak sayur Anda dapat mencoba menggunakan sedikit alkohol pada noda di pakaian Anda.
  4. Masukkan pakaian Anda ke dalam freezer. Tunggu lilinnya menjadi getas karena dinginnya freezer. Lalu, Anda dapat membersihkan hampir semua lilin yang menempel.

    • Anda hanya perlu membiarkan pakaian tersebut di dalam freezer selama sekitar satu jam agar proses ini berjalan dengan baik.
    • Mungkin akan ada beberapa lilin yang tetap menempel. Bila ada, tempatkan area pakaian yang terkena lilin di atas mangkuk besar dan ikat pakaian Anda pada mangkuk dengan karet gelang. Lalu, tuangkan air mendidih pada lilin. Ini akan membuat lilinnya meleleh. Cucilah pakaian tersebut seperti biasa.
    • Bila Anda ingin membuat lilinnya membeku menggunakan cara yang berbeda, cobalah menggunakan semprotan penghilang kutil untuk membekukan lilin dengan aman dan cepat.

    Itulah artikel tentang Cara Menghilangkan Lilin Dari Pakaian semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *